Ini dia Kalimat Pembuka sidang skripsi yang wajib kamu ketahui

Ini dia Kalimat Pembuka sidang skripsi yang wajib kamu ketahui – Dalam mengawali sidang skripsi tentunya kamu harus mengawalinya dengan kalimat pembuka agar para dosen penguji mendapatkan kesan bahwa kamu siap untuk melakukan tugas akhir sidang skripsi, terkadang hal seperti ini masih di anggap remeh oleh para mahasiswa tetapi justru di tahap inilah yang akan menentukan kamu mendapatkan respon yang positif atau tidak dari para penguji.

Di dalam kalimat pembuka sidang skripsi memiliki unsur-unsur tertentu yang harus ada dalam pengucapan, seperti mengucapkan salam sesuai dengan agamanya masing-masing, menyebutkan tanggal dan hari pelaksanaan sidang skripsi, memperkenalkan diri, menyebut judul skripsi, dan menyebutkan daftar isi di dalam skripsi.

Baiklah kita akan beranjak ke poin-poin yang disebutkan di atas yuk simak :

  1. Mengucapkan Salam Sesuai Agamanya Masing-Masing

Sebelum mengawali persidangan kamu wajib mengucapkan salam pembuka, karena sebagai manusia yang mempunyai adab tentunya hal ini wajib dilakukan, ucapkan Assalamu’alaikum wr.wb jika kamu sebagai muslim dan jika kamu beragama lain kamu bisa mengucapkan kalimat pembuka sesuai ajaran kamu.

  1. Menyebukan Tanggal dan Hari Sidang Skripsi

Dengan menyebutkan tanggal dan hari sidang skripsi menandakan bahwa kamu siap menjalani sidang skripsi dan membuat kesan untuk para dosen penguji bahwa kamu telah mempersiapkan skripsi dengan baik dan siap untuk dipertanggungjawabkan di dalam persidangan.

  1. Memperkenalkan Diri

Jangan lupa di poin 3 ini untuk memperkenalkan diri, sebutkan Nama, Jurusan, Nim, agar para penguji bisa mengkonirmasi ulang biodata diri kamu tanpa harus menanyakan ulang kepada kamu.

  1. Menyebutkan Judul Skripsi

Sebutkan skripsi yang akan di ujikan, dengan menyebutkan judul kamu sudah mantap untuk menguji dan mempertanggungjawabkan hasil penelitian kamu, jangan lupa berikan tekanan suara yang tegas tetapi tetap friendly.

  1. Menyebutkan Daftar Isi Skripsi

Untuk menyebutkan daftar isi, kamu tidak perlu menyebutkan semuanya, yang kamu sebutkan hanya poin, poin tertentu yang akan dibahas di dalam skripsi kamu, jadi persiapkan dengan matang poin-poin tersebut sebelum melaksanakan sidang skripsi agar kamu tidak sulit untuk melaksanakan sidang skripsi

Lalu apa yang harus di persiapkan sebelum kamu melaksanakan ujian skripsi ? berikut tipsnya

  1. Mempersiapkan Fisik dan Mental

Dengan mempersiapkan fisik dan mental, kamu dapat mengantisipasi grogi ketika berhadapan dengan dosen penguji, atur pola makan dan jangan bergadang jika kamu esok harinya melaksanakan sidang skripsi.

  1. Persiapkan Alat-Alat Yang di Butuhkan

Persiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti laptop, flashdisk, paper skripsi, pulpen dan bila perlu backup file skripsi kamu melalui penyimpanan online seperti google drive, media fire, dan lain sebagainya agar kamu bisa mengantisipasi hal yang tidak di inginkan, bisa saja file yang ada di flashdisk atau komputer hilang.

 

Sumber :

https://www.kuykampus.com/2020/03/tips-skripsi-kalimat-pembuka-dalam.html

https://www.kuykampus.com/2020/11/wajib-tahu-cara-penulisan-proposal.html

Comments are closed.